Jumat, 29 April 2011

Ludruk


Ludruk merupakan satu bentuk pementasan drama kehidupan yg disajikan dengan pendekatan kehidupan sehari-hari masyarakat jawa timur pada umumnya. lain halnya dengan kesenian ketoprak yg dalam penyajiannya menampilkan cerita sejarah atau legendayg dikemas apik dengan memakai busana dan bhs jawa,ludruk lebih mengedepankan cerita heroik dengan setting kebanyakan mengenai kehidupan masyarakat jawa timur.


ludruk tumbuh dan berkembang hampir disemua daerah jawa timur bagian timur,termasuk daerah probolinggo.tampilan ludruk khas probolinggo jelas memiliki perbedaan dibandingkan dengan ludruk-ludruk surabaya atau daerah lainnya,yakni pada bahasa yg di pakai. ludruk di probolinggo menggunakaan bahasa jawa ngoko yg dicampur bahasa madura pesisiran,baik dalam bentuk kidungan ataupun dialog para pemainnya.

walaupun dari segi bahasa yg di pakai berbeda, tetapi dalam hal pakem masih memiliki cerita yg sama. hanya di beberapa bagian atau adegan yg diselipkan adegan tambahan yg bercirikan probolinggo. dan kesenian ludruk ini sering ditemui pada acara-acara hajatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar